Tengah Pekanmu Mulai Dipenuhi Kejenuhan? Begini Tips Mendapatkan Energi Maksimal

Akhir pekan masih terbayang-bayang di dalam sanubari di pertengahan pekan begini. Kerjaan menumpuk, tenggat waktu selalu mengejar, dan boss juga ikutan mengejar-ngejar. Pikiran menjadi kadang tidak fokus karena urusan pekerjaan, dan efek negatif malah ke arah pekerjaan tersebut. Maka kamu setidaknya perlu menerapkan hal-hal berikut agar pikiran dan tenagamu kembali terisi.

Jadi, bagaimana caranya biar tengah pekanmu yang memuakkan bisa kembali menjadi sehat dan bersemangat lagi juga mendapatkan energi maksimal? Mari lihat satu per satu.

Ubah Pola Makan ke Makanan Sehat

pola makan sehat
http://instagram.com/p/uwpYdnKSni/

Ketika di kantor mulai merasa lelah dan seperti tidak ada kemajuan apa-apa dalam mengerjakan sesuatu hal. Langkah antisipasi yang mungkin dapat membantumu adalah mengubah apa yang kamu santap di pagi hari untuk sarapan.

Makan pagi atau sarapan diketahui dapat menyediakan energi untuk satu hari ke depan, jadi saat sarapan jangan asal kenyang. Pastikan asupan gizi yang masuk saat sarapan itu seimbang, dan jangan makan terlalu banyak juga agar tidak menyebabkan kantuk.

Lalu waktu makan siang pun menjadi faktor berikutnya. Makan siang di luar kantor terkadang dapat membantu menghindari kejenuhan juga.

Bikin Ruang Kerja Yang Nyaman

ruang kerja ergonomis
http://instagram.com/p/uwNRUgiGXi/

Nuansa kerja yang nyaman dan mendukung tentu menjadi faktor penentu dalam pekerjaanmu. Karena kadang-kadang apabila kamu duduk sepanjang hari di depan komputermu, bisa berakibat tidak baik pada tubuhmu, misalnya pegal-pegal.

Membikin nuansa kerja ergonomis sebenarnya cukup mudah. Cukup posisikan kursi, meja, keyboard, dan layar monitor sejajar pada tatapanmu. Investasi pada kursi yang nyaman juga cukup penting.

Bangkitlah dan Bergerak

ruang kerja berdiri
http://instagram.com/p/tG9fe7n2jS/

Memunya ruang kerja nyaman atau ergonomis seperti pada poin di atas, pun tidak cukup. Sesekali bangkitlah dari dudukmu. Beri jeda semisal 10 menit sekali mata kamu mengalihkan pandangan dari layar monitor. Kemudian setiap setengah jam sekali berdiri dari kursi nyamanmu, sekadar untuk berjalan-jalan. Ini untuk menghindari kecederaan pada tubuhmu saat bekerja.

Atau bisa pun kamu membikin ulang ruang kerjamu dengan cara unik. Yakni meja berdiri! Ya, kamu bekerja sambil berdiri. Itu alternatif lain, apabila sambil duduk sudah membikin lelah.

Berhatilah Terhadap Kelelahan Pada Mata Kamu

mata lelah bekerja
http://instagram.com/p/urf1FbN1UL/

Menatap pada layar terus menerus bisa berakibat adalah salah satunya kelelahan mata. Kepala menjadi pusing dan lalu mata sakit, itulah efeknya. Pada poin di atas telah disebutkan bahwa mengalihkan pandangan dari layar komputer adalah hal penting.

Bersosialisasi Dengan Rekan Kerja

rekan kerja
http://www.flickr.com/photos/boombust/5942770075/

Bersosialisasi dengan rekan kerja bahkan bersenang-senang dengannya bisa menambah moody dalam pekerjaanmu. Ya, jika kamu masih di dalam ruang kerja. Menjadi ramah terhadap rekan, bercengkerama saat makan siang, terkadang dapat lebih dari sekadar inspirasi dan bersemangat dalam pekerjaan.

Rutinlah Untuk Sekadar Berolahraga

berolahraga saat bekerja
https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

Tidak perlu berolahraga dengan berat, semisal bermain sepakbola saat pekerjaan menumpuk di pertengahan pekan. Berbeda halnya apabil telah masuk akhir pekan. Mengalokasikan waktu, misalnya bermain bola, di akhir pekan, juga adalah pilihan tepat.

Berolahraga saat bekerja begini bermaksud menjaga kondisi agar tidak terforsir terus menerus untuk duduk. Membawa barbel sendiri, push-up/sit-up, berlari-lari menaiki tangga, adalah contoh untuk sekadar memberikan keringat waktu kerjaan menumpuk.

Lakukan Ritual Penuh Takzim

ritual minum kopi
http://instagram.com/p/um5DG8RVVg/

Adalah semisal meresapi kopi pagi atau malammu. Menikmati senja tenggelam kala sore hari. Membaca buku di beranda sewaktu selesai pulang kerja. Ritual-ritual kultus tersebut setidaknya membikin semacam gairah lain dan spirit, dan sedikit mengalihkan dari pekerjaan beratmu.

Perbaiki Jam Tidurmu

tidur sebentar di waktu kerja
https://www.flickr.com/photos/craftybeaver/

Kurang tidur waktu malam hari dapat berakibat akan aktivitasmu keesokan harinya. Mengaturulang jam tidur waktu malam, dan membiarkan pikiran lebih segar pada pagi harinya. Sempatkan sedikit tidur siang apabila itu memungkinkan di waktu siang.

Kerja, Kerja, Kerja

kerja cerdas
https://www.flickr.com/photos/juditk/

Itu adalah semboyan yang didengung-dengungkan oleh presiden baru Indonesia. Kerja, kerja, dan kerja! Tapi ada satu poin penting yang perlu dianalisis lebih dalam. Adalah kerja terlalu keras bisa mengakibatkan stres dan berakibat buruk pada pikiranmu. Maka, sudut pandang perlu diubah. Kerja keras = OK. Kerja cerdas = OK.

Kerja cerdas adalah berarti memanfaatkan waktu dengan lebih efisien, mengerjakan pekerjaan paling penting pada jam-jam kamu paling semangat, dan jangan terjebak dengan perasaan “terlalu sibuk”.

Artikel tentang ini pernah dipublikasikan dalam bahasa Inggris di LifeHacker. Beranda melakukan translasi ulang dan melakukan penggubahan seperlunya ke dalam bahasa Indonesia.

Irfan A. Ofa

Masih-mahasiswa. Masih-manusia. Pemerhati dan Pegiat Dunia Internet. Blogger. Ads-Publisher. Percaya alien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.