Tentang Suara Terompet Dari Angkasa, Ini Penjelasan Salah Seorang Ahli

Belakangan, netizen dikejutkan dengan munculnya beragam video dengan suara terompet menggema di langit Jerman hingga Amerika Serikat. Tidak diketahui persis darimana asal suara terompet yang menggema pada siang hari tersebut. Dalam sebuah video, para masyarakat nampak bingung dengan suara yang oleh sebagian orang disebut-sebut sebagai tiupan terompet ‘sangkakala’. Namun, seorang ahli asal Indonesia bernama Dr. Warsito menjelaskan bahwa fenomena ini adalah fenomena yang berasal dari bumi, sehingga masyarakat tak perlu merasa terlalu panik.

Tentang Suara Terompet Dari Angkasa, Ini Penjelasan Salah Seorang Ahli ~ bintang.com
Tentang Suara Terompet Dari Angkasa, Ini Penjelasan Salah Seorang Ahli ~ bintang.com

Sebenarnya, bukan kali ini saja suara serupa muncul, pasalnya beberapa tahun terakhir suara terompet ini berkumandang dan menggema dengan volume yang berbeda-beda disetiap tempat, bahkan dalam sebuah video rekaman seorang masyarakat, suara terompet tersebut terdengar jelasnya gaungnya, diikuti dengan hembusan angin kencang yang meniup daun-daun di pepohonan. Tak ayal, keanehan fenomena ini langsung saja menimbulkan kecemasan bagi masyarakat.

Seorang ilmuwan asal Indonesia, Dr. Warsito Purwo Taruno rupanya memberikan penjelasannya sendiri terkait insiden alam tersebut. Menurutnya, suara tersebut tak mungkin berasal dari sesuatu diluar angkasa, melainkan berasal dari bumi mengingat ruang angkasa adalah ruang hampa yang tidak memiliki medium untuk membuat gelombang suara dapat merambat. Hal ini ternyata juga berkaitan dengan salah satu disertasinya Dept. of Applied Electronic Science and Technology ketika melakukan study di Universitas Shizuoka, Jepang, pada tahun 1997 silam.

Dalam penuturannya, Dr.Warsito mengemukakan bahwa sebuah gelombang suara muncul karena adanya kerapatan medium (densitas) di udara, contohnya, ketika seseorang menepukkan telapak tangannya diatas meja, tekanan yang keras dari tangan membuat udara pada telapak tangan mengalami tekanan/kompresi, sehinga menimbulkan sebuah suara hentakan akibat adanya tekanan tersebut.

Selanjutnya, Dr.Warsito mengungkapkan bahwa gelombang suara hanya merambat jika terdapat medium baik berupa udara, tanah, zat cair maupun zat padat sehingga tidak memungkinkan adanya gelombang suara yang merambat melalui luar angkasa masuk hingga ke atmosfir bumi, karena seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa di luar angkasa merupakan ruang hampa yang tidak memungkinkan gelombang suara bisa merambat. Gelombang elektromagnetik pun juga diklaim sangat kecil kemungkinan menjadi penyebab suara tersebut, seperti yang diungkapkan dalam UnionTribune San Diego. Hal tersebut dikarenakan gelombang elektromagnetik tak bisa berubah jadi gelombang suara kecuali gelombang elektromagnetik tersebut melewati zat piezoelektrik, yang diketahui tak dimiliki oleh udara.

Terakhir, Dr.Warsito mengungkapkan adanya kemungkinan suara tersebut berasal dari bumi sendiri. Menurutnya, sebuah gelombang suara mengalami pemantulan saat melewati medium dengan jenis kerapatan yang berbeda-beda. Gelombang suara dari dalam tanah menuju ke udara atau dari dalam air ke udara kemungkinan untuk kembali ke tanah/air(sumber) lebih besar, karena jenis kerapatannya yang berbeda, lain hal dengan suara yang berasal dari permukaan bumi. Sehingga, jika adanya spekulasi bahwa suara tersebut berasal dari dalam tanah ataupun air, kemungkinan tersebut sangat kecil adanya.

Nah, berikut ini beberapa video yang menunjukkan adanya suara terompet yang berasal dari langit, yang sempat menghebohkan masyarakat.

Fahmi Sahru Ramadhan

Pengemis Intelektual, Coffee Lover and Hater at the same time...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.