Terinspirasi Tragedi, Yoko Ono Pamerkan Karya Seni Cangkir

Artis dan janda dari John Lennon, Yoko Ono mengekspresikan dirinya lewat cangkir Espresso dan mendesain koleksi cangkir serta lengkap dengan piring yang menampilkan tanggal dan tempat enam peristiwa tragis yang ditulis dengan tulisan tangan Ono, seperti bom atom Hiroshima pada tahun 1945 dan hari dimana John Lennon ditembak dan dibunuh pada tahun 1980. Salah satu cangkir ketujuh muncul dan tertulis sebuah harapan yang sangat menyentuh.

Karya Seni Cangkir Espresso Yoko Ono ~ nydailynews.com
Karya Seni Cangkir Espresso Yoko Ono ~ nydailynews.com

Koleksi ini berjudul “Yoko Ono: Mended Cups-illy Art Collection”” dan terinspirasi oleh Kintsugi, teknik Jepang untuk memperbaiki tembikar yang retak dengan sapuan kuas dari emas.
Karya Seni Cangkir Espresso Yoko Ono ~ nydailynews.com
Karya Seni Cangkir Espresso Yoko Ono ~ nydailynews.com

Yoko Ono, janda mendiang John Lennon memang dikenal sebagai seniman internasional yang kerap memamerkan karya karyanya di penjuru dunia. Dan bulan depan, karya seni Yoko Ono bakal ditampilkan di ART|JOG|8 yang digelar pada tanggal 6-28 Juni 2015 di Taman Budaya Yogyakarta. Yoko Ono dikenal juga sebagai seniman eksperimentalis. Salah satu performance artnya yang paling dikenal adalah ‘Cut Piece’, saat itu Yoko menggunting satu demi satu pakaian yang dikenakannya.

Pameran koleksi cangkir milik Yoko Ono yang memiliki cita rasa seni yang tinggi ini akan dipamerkan di Museum of Modern Art. Seniman lain yang juga mendesain cangkir untuk illy Art Collection seperti halnya Yoko Ono adalah Jeff Koons, Pedro Almodovar, Robert Rauschenberg, Julian Schnabel dan David Byrne.

Sopian Ahmad

Kuli Tinta yang lagi magang di alam pikirannya sendiri. Good Listener, Analyst, Problem Solver. Stay Foolish, Stay Hungry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.