Ternak Lobster Air Tawar, Modal Sedikit Bisa Dapat Banyak

Mengenai peluang usaha khususnya di bidang budidaya ikan, nama lobster air tawar memang jarang terdengar. Walaupun demikian ternyata si binatang air tawar ini bisa menghasilkan uang yang cukup menyenangkan. Bahkan hanya dengan modal kecil sekitar Rp1 juta untuk memulainya.

Tidak sedikit orang yang sukses dalam bisnis ini. Bahkan ada yang omzetnya hingga Rp100 juta per bulan. Untuk level rata-rata kadang bisa mencapai Rp28 juta dengan modal yang tidak terlalu tinggi.

Untuk memulai bisnis budidaya lobster air tawar ini apa saja yang diperlukan? Pertama siapkan modal sekitar Rp1 juta. Ini digunakan untuk membeli induk, makanan, dan barang-barang lain terkait pembibitan dan pembesaran sang hewan.

Hal yang menarik tentang membudidayakan lobster adalah kita tidak perlu menunggu terlalu lama untuk panen. Faktanya, hewan air tawar ini bisa bertelur setiap dua bulan sekali. Jadi memungkinkan untuk panen setiap bulan. Hingga 300 telur dapat diproduksi untuk satu induk. Jadi kita bisa menghitung sendiri berapa jumlahnya.

Harganya sendiri cukup bagus. Pasalnya, kita bisa menjualnya sekitar Rp140.000 per kilogram. Jika sebulan mampu hasilkan 10 kilogram, jumlahnya bisa mencapai Rp 1,4 juta. Modal pun dapat dikembalikan segera setelah penjualan pertama.

Sisi menyenangkan lain dari bisnis ini adalah ternyata kita tidak perlu menjualnya sendiri lantaran lobster air tawar ini memiliki peminat berupa mitra-mitra. Jadi, sudah siap untuk mulai bisnis lobstermu sendiri?