Tidak Registrasi Ke Pemerintah Korsel, SM, YG dan JYP Berstatus Ilegal

Sejak 29 Juli 2014, pihak pemerintah Korea Selatan telah memberikan pemberitahuan kepada semua manajemen yang menaungi artis-artis Kpop untuk wajib melakukan registrasi ke pemerintah. Beberapa waktu lalu, pemerintahan Korea Selatan memang telah meresmikan UU mengenai pengaturan industri budaya populer Korea Selatan untuk wajib melakukan registrasi ke pihak pemerintah agar bisnis mereka mendapat label legalitas. Namun hal ini tidak diindahkan oleh 3 manajemen artis yang bahkan telah memiliki nama besar.

Tidak Registrasi Ke Pemerintah Korsel, SM, YG dan JYP Berstatus Ilegal - detik.com
Tidak Registrasi Ke Pemerintah Korsel, SM, YG dan JYP Berstatus Ilegal – detik.com

Ketiga manajemen artis tersebut ialah SM, YG dan JYP Entertainment yang belum mengindahkan pemberitahuan pemerintah sehingga status manajemen tersebut bersifat ilegal. Bahkan jika manajemen besar tersebut tidak mengindahkan UU dari pemerintah, maka tidak hanya aktivitas mereka dianggap tidak legal, namun akan mempengaruhi nasib artis di bawah naungan manajemen tersebut.

UU legalitas yang telah diberlakukan oleh pemerintah Korea Selatan sebenarnya untuk mengawasi para artis Kpop agar tak selalu menjadi budak oleh manajemen mereka seperti kontrak-kontrak yang mengikat ruang gerak artis-artis Kpop tersebut. Selain itu, pemerintah Korea Selatan juga ingin mengamankan masa muda artis-artis muda Kpopagar tak kehilangan pendidikan karena kesibukan show yang harus mereka jalani.