Tips Berjualan Online Bagi Pemula

Istilah online store alias toko online sudah menjadi sesuatu yang sangat lazim di era sekarang ini. Tak hanya sebagai pembeli atau penikmat layanannya, bahkan banyak orang yang menggeluti jual beli online dan terbukti sukses.

Ada banyak contoh yang bisa jadi bukti eksistensi toko online bisa membawa kepada kesuksesan, walaupun di sisi lain toko offline banyak yang sedikit banyak kena dampak. Tapi, peluang jual beli online masih sangat terbuka.

Bagi kamu yang sedang galau ingin membangun sebuah toko online. Beberapa tips ini bisa dilakukan.

Lakukan riset

Hal pertama yang bisa dilakukan tentu adalah melakukan riset terlebih dahulu. Kamu perlu cek barang menarik apa yang bisa dijual online sehingga nantinya berdampak pada keuntungan. Riset bisa dilakukan dengan cek berbagai lapak yang ada serta mencari tahu barang apa yang sepertinya potensial. Di tahap ini kamu juga perlu pikirkan soal saingan. Apakah bakal menjual barang yang sama atau memilih sesuatu yang sama sekali berbeda.

Tentukan platformnya

Setelah mendapatkan hasil riset, selanjutnya adalah putuskan ingin memakai platform yang mana. Ada beberapa tempat yang bisa mewadahi toko online kita. Misalnya dengan membangun website ataukah membuat sebuah lapak di platform e-commerce. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Pikirkan soal barang jualan

Setelah memutuskan untuk menjual sebuah barang, maka selanjutnya adalah cari tahu bagaimana kamu akan mendapatkannya. Sekarang ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama tentu membuatnya sendiri jika memungkinkan. Cara yang kedua adalah dengan membeli melalui penjual lain. Jadi istilahnya seperti reseller atau dropshipper di mana kita tidak perlu memikirkan produksi barang karena bisa mengambil dari pihak lain.

Berpromosilah sebanyak mungkin

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan promosi sebanyak mungkin. Jalannya pun ada banyak, bisa secara gratis maupun berbayar. Gratis misalnya melalui story WhatsApp, post dan story Instagram, hingga Facebook. Untuk yang berbayar bisa melalui Facebook Ads, Google Ads, atau menggunakan selebgram seperti yang sedang ramai dilakukan banyak pemilik online shop.