Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Dengan Bus

Dibandingkan dengan naik kendaraan pribadi, naik kendaraan umum menjadi pilihan yang lebih nyaman untuk mudik Lebaran. Selain mengurangi jumlah kendaraan di jalan, naik bus untuk mudik juga terasa lebih santai karena tak perlu merasakan kaki pegal selama mengemudi dengan jarak jauh dan masih terancam terjebak macet.

Biar perjalanan dengan bus lancar sampai tujuan, berikut ada beberapa tips yang bisa dikulik untuk modal mudik nanti. Simak yuk…

Pilih Tempat Duduk di Bagian Tengah

Posisi paling nyaman di dalam bus adalah di bagian tengah. Di bagian ini, gerakan ban tidak terlalu terasa. Getaran dari bus di bagian tengah pun tak terlalu kencang, berbeda dengan bagian paling belakang yang bisa membuatmu seolah terbang ke sana kemari.

Pesan Tiket Bus Sejak Jauh Hari

Cara biar dapat tiket bus bagian tengah adalah dengan memesannya sejak jauh hari. Tak perlu khawatir soal cari di mana dan kapan, karena sekarang kamu bisa memesan tiket bus dengan mudah di Traveloka. Semakin cepat tiket ada di tangan, kekhawatiran akan pulang mudik terlewatkan.

Metode pembelian tiket bus di Traveloka pun mudah, sama seperti ketika kamu memesan tiket pesawat, kereta api atau hotel. Masuk ke laman Traveloka, pilih bus dan pilih rute serta tanggal keberangkatan. Setelah itu pilih PO dan tempat duduk yang diinginkan, kemudian bayar via debit, kartu kredit, atau lewat minimarket. Gampang kan?

Antisipasi Macet dan Siapkan Hal Ini

Risiko melakukan perjalanan darat dengan bus adalah kemungkinan terjebak macet di jalan, bahkan jalan tol menjadi titik macet terparah. Tentu bersyukur jika tak terkena macet. Tapi tidak ada salahnya untuk mengantisipasi kemacetan dengan membawa barang-barang berikut ini untuk menghilangkan kebosanan di jalan.

Benda yang penting dibawa adalah headset yang bisa jadi teman hiburan di jalan. Jika membawa anak kecil, siapkan beberapa mainan yang mudah dibawa. Siapkan pula bantal leher agar badan tidak pegal selama menempuh perjalanan jauh. Jangan lupa bawa obat darurat sebagai antisipasi jika terjadi hal yang tak diinginkan di perjalanan.

Pisahkan Tas Baju Dengan Barang Berharga

Jangan letakkan barang berharga di bagasi. Bawa dua tas terpisah untuk meletakkan baju ganti, dan satu tas kecil sebagai tempat benda berharga. Meski ada bagasi di atas kepala yang muat untuk tas, tapi sebaiknya tas berisi barang berharga selalu dibawa dan melekat di badan untuk mengurangi risiko terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bawa Oleh-Oleh, Begini Tipsnya

Biasanya, pada musim mudik Lebaran, penumpang bus membludak di terminal. Membawa barang berat tentu menyusahkan karena harus berdesakan dengan penumpang lainnya yang jumlahnya tidak sedikit.

Tips paling mudah untuk membawa oleh-oleh adalah dengan tidak naik bus dari terminal. Cari tahu jadwal keberangkatan bus dari pool yang ada di kota kamu, dan naiklah dari sana. Meski ramai, tapi kondisi pool tidak sepadat terminal. Sehingga kamu bisa menata barang bawaan dengan mudah dan oleh-oleh pun tak rusak.

Mudik aman dan nyaman, Lebaran pun senang.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.