Tips Olahraga Bagi Ibu Hamil dan Menyusui di Masa Pandemi

Olahraga adalah hal yang penting dilakukan di masa pandemi ini selain menjaga pola makan dan juga melakukan protokol kesehatan. Pasalnya aktivitas ini termasuk salah satu hal yang bisa membangun imun. Seperti yang kita sudah ketahui, imun begitu penting untuk melawan virus.

Olahraga sendiri baiknya dilakukan oleh semua orang di segala umur, entah itu anak-anak, remaja, hingga orang tua. Termasuk juga bagi ibu yang tengah hamil dan menyusui. Tapi untuk kedua kondisi tersebut tentu memiliki pedoman tersendiri. WHO beberapa waktu lalu mengeluarkan anjuran olahraga di masa pandemi, di dalamnya termasuk untuk ibu yang sedang hamil dan menyusui.

Bagi ibu hamil dan menyusui, disarankan untuk melakukan aktivitas aerobik ringan setiap minggunya, dengan total waktu sekitar 150 menit. Aktivitas yang direkomendasikan misalnya yang bersifat peregangan serta menenangkan.

Sebenarnya tak hanya soal menciptakan imun, olahraga bagi ibu hamil juga memberikan banyak manfaat lain seperti menurunkan risiko diabetes, komplikasi saat persalinan, hingga efektif menetralisir depresi setelah melahirkan.

Namun terkait olahraga ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya soal intensitas yang harus disesuaikan dengan kondisi tubuh, kemudian badan wajib terhidrasi, serta menghindari aktivitas yang berisiko terutama bagi ibu hamil.

Berolahraga penting memang untuk masa sekarang. Jadi, pastikan kita rutin melakukannya. Jika  ingin hasil yang lebih terpercaya, bisa juga dengan melengkapi lewat swab test. Ketika hasilnya sudah diketahui maka, kita bisa semakin menjaga diri.