Totalitas Adipati Dolken Demi Perankan Jendral Soedirman

Adipati Dolken tak hanya punya beban besar ketika dipercaya memerankan sosok Jenderal Soedirman. Pria berusia 23 tahun tersebut pun menunjukkan totalitasnya yang penuh perjuangan saat syuting di depan kamera. Tak tanggung-tanggung, Bintang film Sang Kiai ini rela menurunkan berat badannya hingga 9 kg.

Totalitas Adipati Dolken Demi Perankan Jendral Soedirman. ~ liputan6.com
Totalitas Adipati Dolken Demi Perankan Jendral Soedirman. ~ liputan6.com

“Sembilan kilogram itu selama dua minggu. Dari 67 kg sampai ke 58 kg. Tetapi waktu syuting lama-lama makin gemuk lagi, karena makannya teratur,” ujar Adipati Dolken baru-baru ini.

Saat pertama kali mendapat peran besar dalam film yang disutradarai Viva Westi dan diproduseri oleh Sekar Ayu Asmara ini, Adipati Dolken mengaku perasaannya campur aduk. Pasalnya, Jenderal Soedirman adalah sosok yang sangat berpengaruh ketika gerilya Agresi Militer Belanda kedua berlangsung. Oleh sebabnya itu, ia tak mau main-main dalam memerankan tokoh pahlawan nasional tersebut.

“Waktu dibilang saya jadi Jenderal Soedirman seneng banget iya, deg-degan iya, lalu merasa memegang tanggung jawab besar banget iya. Tantangannya, sebelum film ini jadi saya harus bisa jadi Jenderal Soedirman. Dari segi fisik jauh, karena itu yang bisa sayalakuin cuma ngurusin badan dan ngitemin badan. Muka sudah nggak bisa disamaain. Sisanya, di segi akting diperdalam itu tantangan paling besar,” jelasnya lagi.

Diakui Adipati, di hari pertama syuting, lelaki yang dikabarkan dekat dengan artis Eva Celia tersebut harus keluar masuk hutan dan gunung. Yang terberat ketika Adipati menjalani pengambilan gambar di Lembang, Bandung. “Cobaannya berat banget. ini syuting paling lama dari segi persiapan. Hari pertama syuting di Lembang, saya masuk ke danau yang ada ularnya. Suhunya dibawah 10 derajat,”

Itu baru hari pertama, kata Adipati. Di hari kedua syuting, ia harus syuting di dalam lumpur dan hujan lebat. Hari ketiga, Adipati diminta naik gunung dan masuk ke dalam kali. Syuting macam ini, diakui Adipati, amat menguras stamina.

Selain mempelajari sejarah dan pengetahuan lain tentang Jenderal Soedirman, Adipati Dolken dan dan Ibnu Jamil yang memerankan Tjokropranolo atau Kapten Nolly juga harus mengikuti semacam latihan militer (bootcamp) bersama tentara di Situ Lembang, Bandung. Film yang juga dibintangi Lukman Sardi dan Mathias Muchus ini direncanakan rilis pada 27 Agustus 2015 mendatang.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.