TWICE Dilarang Tampil di Cina Karena Tzuyu

Salah satu anggota dari TWICE, Tzuyu mengalami sebuah kontrovesi di Cina. Dirinya tak boleh tampil disana sebab Tzuyu memiliki kewarganegaraan Taiwan. Agensinya, JYP Entertainment, pun langsung bertindak dengan mengubah profilnya menjadi lahir di Taiwan dan berkewarganegaraan di Cina.

Tzuyu yang memiliki kewarganegaraan Taiwan, tidak diperbolehkan tampil di Cina (foto: onehallyu.com)
Tzuyu yang memiliki kewarganegaraan Taiwan, tidak diperbolehkan tampil di Cina (foto: onehallyu.com)

Sebelumnya juga terdapat kontroversi dimana Tzuyu tampil di acara tv “My Little Television” saat dirinya memegang bendera Korea dan Taiwan. Melihat hal tersebut banyak penduduk Cina yang tidak suka sebab itu seperti menggambarkan bahwa Tzuyu ingin Taiwan bebas dari Cina. Sampai saat ini, masih diperdebatkan apakah Taiwan bagian dari Cina atau negara independen.

Masalah tersebut jelas memberikan dampaka TWICE yang promosi di Cina. Dilansir dari StarNews, poster TWICE sudah dipindahkan dari tv Beijing TBC dalam acara “Choon Wan”. Produser acara tersebut pun merespon bahwa TWICE tak akan pernah diundang ke acara tv tersebut.

Sementara itu, pihak dari JYP sendiri menegaskan bahwa Tzuyu tak memiliki indikasi politik menganai Cina dan Taiwan sebab usianya masih 16 tahun yang pengalaman serta wawasan di politik belum sempurna.