Uptown Funk Yang Dinyanyikan Bruno Mars Dituding Lagu Plagiat

Plagiarisme kali ini menimpa penyanyi berkulit hitam Bruno Mars. Lagu baru yang dibawakannya bersama Mark Ronson tersebut saat ini memang sedang menjadi salah satu lagu hits di seluruh dunia. Lagu yang berjudul Uptown Funk tersebut dituding merupakan lagu hasil jiplakan atau plagiarisme. Kabarnya sebagian besar lagu tersebut mirip dengan lagu ciptaan Viktorija alias Snezana Miskovic yakni seorang penyanyi asal Serbia.

Uptown Funk Yang Dinyanyikan Bruno Mars Dituding Lagu Plagiat - unrealitytv.co.uk
Uptown Funk Yang Dinyanyikan Bruno Mars Dituding Lagu Plagiat – unrealitytv.co.uk

Menurut media online setempat, Snezana Miskovicm mengaku bahwa lagu Uptown Funk yang dilantunkan oleh Bruno Mars dan Mark Ronson tersebut terdengar mirip sekitar 80% dengan lagunya yang berjudul ‘Ulice Mracne Nisu Za Devojke’. Lagu yang memiliki arti ‘Anak Perempuan Jangan Melewati Jalanan Gelap’ tersebut dibuatnya pada tahun 1984 silam.

“Delapan puluh persen dari lagu Uptown Funk diambil dari lagu saya. Seberapa banyak kita boleh mengambil lagu orang lain sebagai inspirasi lagu kita?” ujar wanita asal Serbia tersebut.

Snezana Miskovic pun saat ini belum ada niatan untuk menuntut dua musisi tersebut. Dirinya hanya menginginkan bahwa Bruono dan teman duetnya tersebut memberikan pengakuan.

“Saya tidak ingin buru-buru menuntut mereka, proses ini memakan waktu lama. Hidup dan karier saya tidak tergantung pada tuntutan hukum. Kalaupun saya jadi menuntut mereka dan menang, saya tidak tahu akan berbuat apa dengan uang yang saya dapat,” lanjut Miskovic.

“memberikan pengakuan yang layak saya dapatkan” ujarnya.