Vietnam Kekurangan Wanita, 4 Juta Pria Tak Bisa Menikah Selamanya

Bagi para pria, beruntunglah karena tidak harus tinggal di Vietnam. Saat ini salah satu negara anggota ASEAN itu tengah mengalami krisis wanita, hingga mengancam para pria yang bercita-cita ingin menikah di sana.

Belum lama ini, laporan dari Departemen Perencanaan Keluarga dan Kependudukan setempat mengatakan bahwa perbandingan wanita dan pria di Vietnam adalah 100:1136. Jika rasio ini tidak mengalami perubahan berarti dalam waktu dekat, bakal ada maksimal 4 juta pria yang tidak menikah di 2050 mendatang.

Sebagaimana dikutip oleh Beranda dari Asiaone, Vietnam tengah memiliki lebih banyak warga pria dibanding wanita, dengan jumlah selisih yang tidak wajar.

Beberapa daerah seperti Ung Hoa, Son tay, Ba Vi, Thach That, Soc Son, Me Lihn, dan Phu Xuyen lebih banyak didominasi oleh pria. Diperkirakan pada 2050 mendatang, negeri ini akan mengalami kekurangan wanita.

Kalkulasi yang dibuat oleh pemerintah memperkirakan bahwa jika kondisi ini terus berlanjut, akan ada 2,3 hingga 4,3 juta pria Vietnam yang harus menerima fakta mereka takkan bisa menikah seumur hidupnya. Secara teori, situasi ini tidak akan memberikan dampak negatif secara langsung pada pertumbuhan negara. Namun efek samping yang ditimbulkan bisa meresahkan, seperti maraknya prostitusi, perdagangan manusia, dan juga penyebaran penyakit seksual.

Vietnam sendiri merupakan negara di mana para keluarganya lebih senang memiliki anak laki-laki. Bagi mereka, memiliki seorang putri hanya akan bersifat sementara, mengingat ketika sudah dewasa dan menikah nanti, sang anak harus pergi dan ikut tinggal bersama keluarga sang suami.

Selain itu di masyarakat setempat juga muncul stigma negatif mengenai anak perempuan. Ketika dewasa nanti, mereka dianggap sebagai sosok yang malas merawat orang tua. Pemerintah Vietnam pun kabarnya sedang coba mencari solusi terbaik untuk mengatasi situasi ini.