Diduga Lakukan Penyuapan, Zumi Zola Akhirnya Ditahan KPK

Kabar kurang mengenakkan datang dari Zumi Zola. Selebritis yang kini menjabat sebagai Gubernur Jambi tersebut baru saja resmi ditahan KPK. Hal ini terkait kasus penyuapan yang melibatkan dirinya dengan DPRD Jambi.

Baca Juga: 5 Seleb Ini Jajal Peruntungan Jadi Kepala Daerah, Ada Yang Sukses dan Dicintai Rakyat

Menurut laporan yang diturunkan oleh Kompas, mantan aktor tampan tersebut sebelumnya sempat menjalani pemeriksaan selama kurang lebih delapan jam pada Senin (9/4). Setelah semua proses selesai, Zumi Zola pun harus rela mengenakan rompi oranye dan digelandang ke mobil tahanan.

Menurut juru bicara KPK, Zumi Zola akan dibawah ke rumah tahanan C1 milik KPK. Di sana, Gubernur Jambi tersebut akan menjalani masa tahanan selama kurang lebih 20 hari.

Zumi sendiri tak memberikan keterangan apapun ketika ditemui media. Seleb yang pernah dekat dengan Ayu Dewi tersebut tampak keluar dari gedung KPK sembari mengenakan rompi tahanan sekitar pukul 18.45 malam. Tak terlihat ada pengawalan khusus dan yang bersangkutan hanya mengucap satu kata sapaan singkat sebelum kemudian langsung masuk ke dalam mobil tahanan.

Zumi Zola jadi tersangka KPK

Zumi sendiri sudah ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus pemberian gratifikasi pada anggota DPRD Jambi. Sang gubernur kabarnya tak bertindak sendiri dan dibantu oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Umum Provinsi Jambi, Arfan. Nilai suap diperkirakan mencapai 6 miliar rupiah.

Uang sebanyak itu digunakan untuk memuluskan pengesahan Rancangan APBD Jambi 2018. Beragam sumber menyebutkan bahwa para anggota DPRD setempat berencana takkan hadir di rapat pengesahan jika tak ada jaminan berupa ‘uang ketok’ atau uang suap seperti yang sudah disiapkan oleh Zumi.

Sebagai seorang artis, sepak terjang Zumi Zola bisa dibilang cukup mengesankan. Mengawali karirnya sebagai pemain sinetron di Tersanjung Season 6, sang aktor kemudian membuktikan kemampuan aktingnya dalam beragam serial laris seperti Si Cecep, Bawang Merah Bawang Putih, Di Sini Ada Setan, dan Surga Untukmu. Zumi juga sempat membintangi beberapa film layar lebar, seperti Kawin Laris dan Merah Putih.

Perkenalan Zumi dengan dunia politik tak berlangsung tiba-tiba. Ayahnya, Zulkiflik Nurdin, adalah Gubernur Jambi periode 1999 hingga 2004 dan 2005 hingga 2010.

Baca Juga: Dipersunting Pengusaha Kaya, 5 Seleb Ini Masih Terus Ngartis

Pria kelahiran 31 Maret 1980 kemudian sukses terpilih sebagai Gubernur Jambi periode 2006 hingga 2021 pada Pilakda Serentak 2015, usai sebelumnya pernah punya pengalaman menjadi Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Keberhasilan kader partai PAN itu tak terlepas dari dukungan sejumlah partai politik besar lain seperti Nasdem, Golkar, Hanura, PKB, PBB, dan PPP.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.